Resep Rawon Asli & Varian Asian Food untuk Berbuka Puasa

Resep Rawon Asli

Resep rawon asli yang tidak perlu diragukan lagi rasanya bisa kita temukan saat berkunjung ke Jawa Timur. Rawon cocok untuk jadi menu buka puasa apalagi bersama keluarga besar. Nah, catat resep rawon asli yang bisa kamu kreasikan di rumah.

Bahan:

  • 1 kg daging sapi 
  • 2 buah batang serai (memarkan)
  • 2 cm lengkuas yang sudah digeprak
  • 5 daun jeruk purut
  • 2 batang daun bawang yang sudah diiris
  • Merica bubuk, gula jawa, dan garam secukupnya
  • 2 Liter air

Bumbu halus:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih, 5 butir kemiri, dan 5 buah keluak
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kencur dan kunyit
  • masing-masing ½ sdt ketumbar, jintan, asam jawa, dan terasi

Rebus daging sapi lalu ganti airnya dan rebus lagi sampai empuk. Tumis bumbu halus kemudian tambahkan lengkuas dan jeruk purut hingga harum. Setelah harum campurkan ke dalam rebusan daging lalu tambahkan lada bubuk, gula jawa, dan garam sesuai selera. Aduk hingga merata dan larut. Angkat jika daging nya sudah empuk dan tambahkan pelengkap seperti tauge, kerupuk udang, dan sambal terasi sesuai selara, serta tambahkan irisan bawang goreng di atasnya. Rawon siap disantap!

Kali ini, ada makanan spesial dari berbagai negara di Asia selain rawon yang bisa kamu coba untuk menu usaha kulinermu. Pastikan kamu mencatat agar bisa langsung mencobanya, ya.

1. Bubur Lambuk Khas Malaysia

Menu bubur mungkin terdengar biasa sebagai menu berbuka. Namun, bubur khas Malaysia ini punya ciri khas tersendiri. Bubur Lambuk ini sangat kaya rasa dan memiliki isi yang beragam, mulai dari potongan ubi, irisan daging sapi, udang, dan beragam dedaunan masak yang harum. Menu ini memang sangat nikmat apalagi setelah seharian menahan lapar.

2. Som Tam (Thailand)

Meski memiliki rasa asam pedas, namun Som Tam khas Negeri Gajah Putih ini memiliki rasa yang lezat. Som Tam adalah salad pepaya atau serutan pepaya muda dengan tambahan topping lezat di atasnya, seperti udang kering, suwir daging sapi, atau saus telur asin.

3. Spicy Mulligatawny Curry Soup (India)

Menu khas Anglo-India ini terlihat seperti kari, namun dengan tekstur yang lebih kental dengan rasa yang tidak terlalu kuat. Bahan-bahan seperti lentil merah, wortel, apel, dan santan dan lainnya menjadikan sup kari ini sangat nikmat menjadi menu berbuka puasa. Dengan rasa pedasnya, menu ini sangat cocok ketika waktu buka puasa sedang turun hujan.

4. Kufteh Tabrizi (Iran)

Kufteh Tabrizi atau bakso daging besar, sangat cocok sebagai makanan berat pembuka puasa. Bahan-bahan untuk membuatnya juga sederhana, yaitu kacang polong kuning, daging sapi giling, beras kencur, garam, cabai, dan rempah-rempah lain untuk bumbu. Menu ini cocok berpadu dengan jus manis kesukaanmu.

5. Sate Susu (Indonesia)

Menu kali ini berasal dari Indonesia, tepatnya dari Bali yang mana selama bulan puasa menu ini wajib ada. Sate Susu menjadi khas karena dagingnya berasal dari daerah sekitar puting susu sapi yang dipotong-potong dan diolah dengan saus bumbu kuning. Teksturnya yang kenyal dan lembut menjadikan Sate Susu menarik untuk dicoba untuk berbuka puasa.

Kreasikan menu berbuka puasa khas Asia untuk usaha kulinermu. Jangan lupa, temukan berbagai bahan masak yang kamu butuhkan hanya di Eden Farm! Download aplikasinya di Android dan IOS sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *